Pelaku UMKM dan Ekraf di Pusaran Pandemi (6)






Pada masa sebelum pandemi, kegiatan pelatihan hidroponik dilaksanakan secara reguler setiap bulan di lokasi workshop.

Dimulai dari 2013 merintis dari skala hobbi dan melalui kegiatan Komunitas Sukabumi Berkebun yang fokus pada Gerakan 3E (Education, Enviromental, and Economy) dan kampanye Urban Farming.
Mulai akhir tahun 2015 (sampai sekarang) naik kelas menjadi skala bisnis yang melayani pelatihan dan konsultasi serta penyediaan peralatan dan perlengkapan hidroponik.



Pada masa sebelum pandemi, kegiatan pelatihan hidroponik dilaksanakan secara reguler setiap bulan di lokasi workshop. Juga mengisi pelatihan hidroponik di sekolah-sekolah (mulai dari tingkat PAUD/TK sampai SMA), sebagai tempat pelatihan lapang dan magang bagi mahasiswa, serta aktif mengisi kegiatan pelatihan di komunitas dan di desa-desa/kelurahan.



Untuk layanan konsultasi hidroponik, kami telah melayani berbagai segmen elemen masyarakat baik perorangan atau badan usaha, instansi pemerintah dan swasta. Untuk konsultasi perorangan kami berikan secara cuma-cuma (gratis) dengan harapan agar bisa menularkan kembali ilmu yang dipelajari kepada masyarakat lainnya.



Sedangkan untuk jasa supplier, kami menyediakan peralatan hidroponik secara lengkap dengan harga yang ekonomis sesuai harga pasar untuk memudahkan para hidroponikers tanpa harus membeli secara online. Termasuk didalamnya kami telah meracik sendiri nutrisi AB Mix agar sesuai dengan kondisi dan iklim di Sukabumi.



Pada awal pandemi, kegiatan usaha kami hentikan sementara. Namun hanya bertahan satu bulan, karena pada bulan kedua pandemi terjadi peningkatan permintaan dari masyarakat yang ingin mengisi waktunya saat #dirumahsaja. Akhirnya kami melayani dengan protokol kesehatan yang ketat. Pelatihan reguler yang biasanya 10-15 orang per batch kami ubah menjadi layanan pelatihan private yang hanya melayani maksimal 2-3 orang.

Begitupun dengan permintaan peralatan dan juga sayuran sehat, alhamdulillah meningkat seiring kesadaran masyarakat untuk menjaga kekebalan tubuhnya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Karena masa pandemi maka channel distribusinya kami ubah dengan penyesuaian moda distribusi dan pembatasan order tatap muka.

Sedangkan untuk layanan konsultasi, sepenuhnya kami alihkan melalui layanan daring Whatsapp.

Adapun layanan yang kami hentikan sampai sekarang adalah layanan jasa vendor pembuatan instalasi dan greenhouse hidroponik



Endud Badrudin
FARMERHOUSE, Bidang kegiatan usahan Layanan pelatihan,
konsultasi dan supplier peralatan untuk budidaya tanaman Hidroponik
Jl. Siliwangi Gg Oyo RT 01/03, Cikole,
Kang Warsa
Kang Warsa Sering menulis hal yang berhubungan dengan budaya, Bahasa, dan kasukabumian.

Posting Komentar untuk "Pelaku UMKM dan Ekraf di Pusaran Pandemi (6)"