Pelatihan dan Dialog BUM Desa di Desa Sukatani


KKM Mahasiswa STISIP Widyapuri Mandiri Tahun 2016 diisi dengan kegiatan Pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dengan tema: Peranan Badan Usaha Milik Desa dalam Membangun Ekonomi Masyarakat Sukatani.

Pelatihan diselenggarakan di Aula Pertemuan Desa Sukatani, Kecamatan Parakansalak dan dihadiri oleh para tokoh masyarakat Desa Sukatani. Acara dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Parakansalak. Sekmat Parakansalak menegaskan tentang potensi-potensi di berbagai bidang yang dimiliki oleh Desa Sukatani, baik sektor pertanian maupun pariwisata. 

Kepala Desa Sukatani, D Suherman memandang keberadaan BUM Desa ke depan begitu penting, dimana pada awal tahun 2017 nanti, Indonesia akan menghadapi (Asian Economy Community atau MEA. Hal yang menjadi hambatan dalam peningkatan pembangunan ekonomi masyarakat diakui oleh Kepala Desa Sukabumi yaitu akses permodalan.

Andri Hamami, sebagai pemateri dalam pelatihan ini memaparkan peran BUM Desa ke depan akan menjadi salah satu strategi dalam Pembangunan Ekonomi di Perdesaan. Secara faktual, daerah Perdesaan merupakan wilayah periperal yang memiliki berbagai  potensi. 

Salah satu teknis pembentukan BUM Desa adalah harus tersedianya data monografi dan profil desa dalam format digital, agar data potensial desa bisa diketahui oleh semua pihak yang akan konsern dalam Pembangunan Ekonomi Perdesaan.

Sebagai Panitia Penyelenggara, Kang Dede (Ketua Kelompok V) KKM Mahasiswa STISIP Widyapuri memaparkan, pemilihan KKM dengan penyelenggaraan pelatihan Badan Usaha Milik Desa ini dilatarbelakangi oleh potensi yang dimiliki oleh tempat kelompok V melakukan KKM.

" Sektor pertanian menadi pilihan kami, jika pelatihan dalam mengenalkan BUM Desa kepada masyarakat di Sukatani kami anggap lebih urgen." Pungkas Dede.

Situ Sukarame, Potensi Pariwisata di Parakansalak


Park Under Salak atau Parakansalak merupakan sebuah wilayah periperal dan pertanian yang terletak di kaki Gunung Salak. Sebuah Situ dengan luas 3Ha membentang di Utara Kecamatan tersebut.

Potensi pariwisata yang dimiliki oleh Kecamatan Parakansalak ini - menurut penuturan salah seorang warga setempat - mampu menarik wisatawan domestik setiap Hari Minggu dan Libur.

Dialog Interaktif Dengan Kepala Desa Sukatani dan Mahasiswa


Posting Komentar untuk "Pelatihan dan Dialog BUM Desa di Desa Sukatani"