Memanusiakan Manusia Merupakan Tujuan Pendidikan




Tujuan pendidikan paling hakiki yaitu "memanusiakan manusia". Sementara kegiatan dan proses pembelajaran merupakan upaya untuk mencapai tujuan dimaksud. Hal itulah yang sampai saat ini dipegang teguh oleh Caca Danuwijaya, seorang guru yang mendedikasikan hidupnya di dunia pendidikan.



" Siswa mangrupa tingkatan pangluhurna dina dunya atikan anu kudu disangkareupan"



Pria kelahiran Kebon Kembang Kabupaten Bandung ini merupakan alumni dari MI Muslimin, SMPN 1 Pangalengan, SMAN 12 Bandung dan melanjutkan pendidikan sampai pascasarjana jurusan Budaya Sunda UPI memandang bahwa para siswa sebagai warga sekolah menempati tingkat paling atas dalam dunia pendidikan.



Untuk mencapai tujuan yang diharapkan dari proses pendidikan, memberikan pendidikan karakter, akhlak, dan sikap harus benar-benar menjadi pegangan setiap sekolah. Bagaimanapun, menurut guru Basa Sunda SMAN 3 Sukabumi ini, attitude siswa menjadi ukuran karakter guru juga.



" Ngajar siswa kudu ngingueutkeun ngeunaan diri anu Panghadéna ka barudak"

Mengajar bukan sekadar seorang guru memosisikan diri sebagai tokoh sentral di dalam kelas. Mendidik sama artinya dengan merefleksikan sanubari peserta didika ke dalam diri guru.



Ngajar téh mikeun rupa-rupa luang tina bacaan (daluang), pangalaman batur (papada urang), kanyeri batur (bincurang). Rohangan kelasna beunang, atmosferna lengkep.

Caca Danuwijaya
Guru Basa Sunda, SMAN 3 Kota Sukabumi



Kang Warsa
Kang Warsa Sering menulis hal yang berhubungan dengan budaya, Bahasa, dan kasukabumian.

Posting Komentar untuk "Memanusiakan Manusia Merupakan Tujuan Pendidikan"