Memulai Usaha Penanaman Lobster Air Tawar di Tengah Pandemi






Pandemi Covid-19 selama satu tahun lebih telah berdampak pada sektor perekonomian. Sampai triwulan II (kedua) tahun 2021, pertumbuhan ekonomi nasional masih berada di angka minus 1-2.



Sejumlah pengusaha dan pelaku UMKM dituntut berpikir cerdas dalam menghadapi situasi perekonomian tersebut. Taopik Sobandi, salah seorang pelaku UMKM di Cikundul, Kecamatan Lembursitu harus memulai usaha baru dengan membangun usaha penanaman lobster air tawar.



“ Dimulai sebelum bulan puasa tahun 2021 ini, saya mencoba membuka usaha baru penanaman lobster air tawar dengan membuat kolam-kolam kecil di ruangan dalam rumah,” ungkap Pipik, pelaku usaha yang saat ini menjabat sebagai ketua RW 07 Kelurahan Cikundul.



Selain memulai usaha penanaman lobster air tawar, Taopik juga telah menggeluti usaha daur ulang barang rongsokan dan mengolahnya menjadi barang-barang yang dapat dipasarkan. Harus diakui, sebelum pandemi, usaha di bidang yang telah digelutinya sejak tahun 2006 ini dapat dikatakan berjalan baik.










“ Setelah pandemi, bukan hanya saya, hampir semua pelaku usaha dipastikan terkena imbasnya. Jiwa wirausaha selalu menuntut diri kita untuk tetap bertahan. Saat berusaha di bidang tertentu tidak memberikan hasil yang baik, maka saya mencoba melakukan diversifikasi usaha pada bidang-bidang lain. Dan tentu saja tanpa meninggalkan bidang usaha yang sedang dijalankan,” tambahnya.



Memilih usaha penanaman lobster air tawar bermula dari pengalaman dirinya saat berselancar di media sosial dan lama situs web. Usaha di bidang ini tidak sulit dilakukan, apalagi ketersediaan air tawar yang baik dan belum terkontaminasi polusi masih melimpah di selatan Kota Sukabumi.



“ Jenis usaha yang saya jalani masih terbilang baru, saya harus terus belajar kepada siapa saja yang memiliki pengetahuan, teori, dan telah mempraktikkan langsung penanaman lobster air tawar,” kata Pipik saat memperlihatkan beberapa kolam penanaman lobster yang baru dibangun beberapa minggu lalu
.



Dengan optimisme dan etos kerja, Taopik Sobandi memiliki harapan, para pelaku usaha akan mampu bertahan di pusaran pandemi yang masih belum jelas kapan berakhir. Kegiatan wirausaha yang dijalankan oleh para pelaku usaha menjadi modal bagi daerah dalam mempertahankan keberlanjutan aktivitas ekonomi mikro.



“ Oleh karena itu, pemerintah dari pusat hingga daerah benar-benar harus melahirkan kebijakan terbaik sebagai daya dukung pertumbuhan UMKM di daerah,” pungkasnya.



Taopik Sobandi
Cikundul, Kecamatan Lembursitu
Kang Warsa
Kang Warsa Sering menulis hal yang berhubungan dengan budaya, Bahasa, dan kasukabumian.

Posting Komentar untuk "Memulai Usaha Penanaman Lobster Air Tawar di Tengah Pandemi"