Kabupaten Sukabumi Kini Punya Kampung UKM Digital

Deputi Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Satyowati meresmikan peluncuran Kampung UKM Digital di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Sukabumi.

Program ini hasil kerjasama antara Dinas Koperasi Perindustian dan Perdagangan Kabupaten Sukabumi dengan PT Telkom Witel Sukabumi.

"Dengan Kampung UKM Digital ini akan tercipta ekosistem bisnis melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan dayasaing KUMKM dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," katanya, di PLUT Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (11/5/2016).

Ia menambahkan, peluncuran Kampung UKM Digital ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan UMKM serta kontribusinya terhadap GDP serta kelompok usaha yang mampu menyerap tenaga kerja sebesar 97,2 persen.

Karenanya, UKM ini perlu diperkuat dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi (ICT). 'Kampung' yang berbasis pemanfaatan teknologi informasi secara komprehensif dan integratif ini untuk mendukung proses bisnis yang berjalan di Sentra UKM.

Kampung digital Kabupaten Sukabumi ini menjadi satu-satunya model pengembangan networking IT di Indonesia.

"Dari 49 PLUT di seluruh propinsi, Kabupaten Sukabumi saya berikan apresiasi. Saat diresmikan pada 2014, dalam 2 tahun terlihat progres yang luar biasa. Saya harap sinergi ke depan bisa diperluas lagi," tuturnya.

Yuana menambahkan, PLUT sendiri tidak bisa terpisahkan dari program pemberdayaan UKM. PLUT ini memberikan pendampingan UKM untuk menghadirkan layanan garis terdepan di sentra-sentra UKM dalam mengawal kebutuhan UKM di wilayah masing-masing.

Sumber: Kompas

Posting Komentar untuk "Kabupaten Sukabumi Kini Punya Kampung UKM Digital"